Tugas Makalah Analisa Manajemen Perubahan
(Kasus Jaka Harus Dijadikan
Momentum Perbaikan Pelayanan BPJS Kesehatan).
Disusun Oleh :
Nama : Gusti
Randa
NPM : 2013200092
PROGRAM STUDI
MANAJEMEN
STIE MULTI DATA
PALEMBANG
PALEMBANG
2016
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini kiranya dapat bermanfaat untuk masyarakat.
Makalah ini telah penulis susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan
dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk
itu penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi
dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih ada
kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena
itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca
agar penulis dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata penulis berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan
manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi
terhadap pembaca.
Palembang, 29
Oktober 2016
Penulis
Gusti Randa.
BAB I
1.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam masyarakat yang mengitari organisasi dewasa ini,
terdapat banyak isu mengenai perubahan–perubahan dan
bagaimana seorang pribadi atau sekolompok orang dalam suatu organisasi mengatasi desakan perubahan yang tidak
dapat diletakkan sehingga mereka
dapat mempertahankan organisasi mereka agar tetap berlangsung.
Meskipun perubahan adalah kenyataan hidup, apabila manajer dalam suatu organisasi perusahaan ingin efektif, mereka
tidak lagi dapat membiarkan perubahan itu terjadi sebagaimana adanya.
Mereka harus dapat menyusun strategi untuk merencanakan, mengarahkan, dan
mengendalikan perubahan. Akan tetapi adakalanya satu–satunya jalan menuju
efektifitas dan efesiensi adalah melalui perubahan.
1.2 Pengertian
Manajemen
Perubahan adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang
ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi. Perubahan dapat terjadi karena sebab-sebab yang
berasal dari dalam maupun dari luar organisasi
tersebut.Tidak banyak orang yang suka akan
perubahan, namun walau begitu perubahan tidak bisa dihindarkan Harus dihadapi.
Karena hakikatnya memang seperti itu maka diperlukan satu manajemen perubahan
agar proses dan dampak dari perubahan tersebut mengarah pada titik positif.
Dalam
dunia yang terus berubah seperti halnya pasar yang mendunia dan teknologi baru
maka sangatlah esensial dunia bisnis juga harus sanggup berubah agar terus
sukses. Perusahaan sukses adalah perusahaan yang mampu melakukan adaptasi yang
dinamis inovatif terhadap setiap tantangan-tantangan baru. Jenis
perubahan boleh jadi bersifat inovatif dan strategis, fisik dan perilaku.
Perubahan yang berhasil harus diciptakan tidak lahir begitu saja. Pihak
manajemen membutuhkan pendekatan terstruktur untuk perencanaan perubahaan
perilaku atau SDM karyawan.
Aspek-aspek
perubahan terdiri dari perubahan inovatif atau strategik yang sangat berguna
bagi pengembangan mutu SDM. Fenomena global di berbagai dimensi kehidupan tidak
dapat dihindari. Pasti ada efeknya terhadap organisasi perusahaan. Manajemen
perubahan menjadi sangat penting diterapkan. Namun demikian dalam kenyataannya
proses perubahan yang terjadi tidak selalu mendapat respon positif. Ada saja
mereka yang menyukai dan yang tidak menyukai perubahan.
Perubahan tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia. Perubahan mulai
disadari menjadi bagian yang penting dari suatu organisasi diawali
sekitar 40 tahun yang lalu. Dimulai
oleh dunia usaha yang lebih
dulu menyadari pentingnya
perubahan bagi peningkatan kualitas
produksi yang dihasilkan.
Berbagai upaya dan pendekatan
telah dilakukan untuk memecahkan masalah yang timbul akibat adanya
perubahan. Terjadi perubahan besar - besaran di dunia bisnis dari sektor
komputer sampai jasa keuangan, dari sektor telekomunikasi sampai layanan
kesehatan.
Saat ini banyak organisasi sepakat bahwa kehidupan berorganisasi semakin
menjadi tidak pasti, seiring dengan langkah perusahaan yang makin terpacu dan
masa depan menjadi makin sulit diprediksi. Namun demikian semua sepakat
perubahan semakin cepat terjadi. Dunia bisnis sedang dan akan terus mengalami
perubahan yang makin cepat, walau arah perubahan tidak mudah diprediksi.
Walhasil para manager dan
pembuat keputusan perlu lebih
memahami kemana angin perusahaan bertiup, karena setiap
waktu dapat menentukan hidup matinya perusahaan.
Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup suatu organisasi, tanpa
adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia organisasi tidak akan
bertahan lama. Perubahan bertujuan agar organisasi tidak menjadi statis
melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman, kemajuan teknologi
adalah peningkatan pola perubahan organisasi menuju perkembangan yang
berkualitas.
Sementara itu perubahan juga terjadi pada pemerintah setiap daerah yang
memiliki tujuan-tujuan tersendiri yang diyakini akan membuat daerah atatupun
kotanya menjadi lebih baik lagi dan semakin berkembang.
Pengertian manajemen perubahan menurut beberapa ahli adalah sebagai
berikut:
- Menurut Wibowo, dalam bukunya Manajemen
Perubahan, Manajemen perubahan adalah suatu proses secara sistematis
dalam menerapkan pengetahuan, sarana dan sumber daya yang diperlukan untuk
mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses
tersebut.
- Menurut Prof. Dr. J. Winardi, manajemen perubahan
adalah upaya yang ditempuh manajer untuk memanajemen perubahan secara efektif,
dimana diperlukan pemahaman tentang persoalan motivasi, kepemimpinan, kelompok,
konflik, dan komunikasi
1.1.1 Tipe Perubahan
Perubahan terdiri dari 3 tipe yang berbeda, dimana setiap tipe memerlukan
strategi manajemen perubahan yang berbeda pula. Tiga macam perubahan
tersebut adalah:
1.
Perubahan Rutin, dimana telah direncanakan dan dibangun
melalui proses organisasi.
2.
Perubahan Peningkatan, yang mencakup keuntungan atau
nilai yang telah dicapai organisasi.
3.
Perubahan Inovatif, yang mencakup cara bagaimana
organisasi memberikan pelayanannya.
1.1.2 Tujuan Perubahan
Tujuan perubahan disatu sisi untuk memperbaiki kemampuan organisasi dalam
menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan disisi lain, mengupayakan
perubahan perilaku karyawan untuk meningkatkan produktivitasnya. Perubahan
harus dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai hal agar
manfaat yang ditimbulkan oleh perubahan harus lebih besar daripada beban
kerugian yang harus ditanggung. Tujuan suatu perubahan pada umumnya masih
bersifat makro dengan jangka waktu relative panjang. Untuk itu, tujuan dijabarkan
dalam jangka waktu lebih pendek dengan ukuranyang lebih spesifik, dan konkret
dengan menetapkan sasaran perubahan. Sasaran perubahan dapat diarahkan pada
struktur organisasi, teknologi, pengaturan fisik, SDM, proses mekanisme kerja
dan budaya organisasi.
BAB II
Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua
Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay prihatin dengan nasib yang dialami Jaka
Juliadi, anak piatu berusia 10 tahun asal Nagari Sungai Rimbang Suliki, Kabupaten
Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Ia menderita tumor
pembuluh
darah di bagian tangan.Jaka saat ini terbaring lemah di Rumah Sakit Cipto
Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, menanti jadwal operasi. Tidak hanya itu, bocah
ini sangat membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah untuk membiayai
pengobatan. Saleh ikut prihatin dan sedih membaca surat Jaka. Ia berharap Jaka
bisa segera ditangani oleh dokter ahli. "Berita ini langsung saya teruskan
kepada pejabat di Kemenkes dan BPJS Kesehatan. Saya juga akan meminta dengan
hormat agar Jaka segera ditangani. Saya yakin, mereka belum tahu tentang berita
ini," kata Saleh dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/10/2016)
Saleh mengungkapkan, kejadian ini menunjukkan bahwa pelayanan jaminan kesehatan nasional masih jauh dari memuaskan. Pengaduan-pengaduan sejenis ini masih sering terjadi di lapangan. Diharapkan, permasalahan ini harus betul-betul menjadi perhatian pemerintah. Sebab, dua program utama pemerintah dalam bidang sosial yaitu pendidikan dan kesehatan harus dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.
"Anggaran untuk kesehatan ini tidak sedikit. Kemarin, DPR dan pemerintah sudah menyepakati alokasi anggaran untuk kesehatan sebesar Rp104 triliun. Nilai ini sama dengan 5 persen dari total APBN 2017 yang mencapai Rp2.080,5 triliun. Dengan anggaran sebesar itu, semestinya fasilitas dan pelayanan kesehatan kita sudah bagus," ujarnya.
Selain Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan juga diminta semakin memperbaiki kualitas pelayanan. Jangan sampai ada kesan, pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan diposisikan sebagai anak tiri. Saleh menilai keadaan seperti ini bisa merugikan BPJS. Sebab, secara tidak langsung bisa menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap BPJS.
"Kalau masyarakat tidak percaya, bagaimana kita mengajak mereka untuk menjadi peserta mandiri? Sejauh ini, secara faktual, masyarakat masih lebih percaya pada asuransi kesehatan yang dikelola pihak swasta. Karena itu, perbaikan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan adalah suatu keharusan," tegasnya.
Saleh mengungkapkan, kejadian ini menunjukkan bahwa pelayanan jaminan kesehatan nasional masih jauh dari memuaskan. Pengaduan-pengaduan sejenis ini masih sering terjadi di lapangan. Diharapkan, permasalahan ini harus betul-betul menjadi perhatian pemerintah. Sebab, dua program utama pemerintah dalam bidang sosial yaitu pendidikan dan kesehatan harus dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.
"Anggaran untuk kesehatan ini tidak sedikit. Kemarin, DPR dan pemerintah sudah menyepakati alokasi anggaran untuk kesehatan sebesar Rp104 triliun. Nilai ini sama dengan 5 persen dari total APBN 2017 yang mencapai Rp2.080,5 triliun. Dengan anggaran sebesar itu, semestinya fasilitas dan pelayanan kesehatan kita sudah bagus," ujarnya.
Selain Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan juga diminta semakin memperbaiki kualitas pelayanan. Jangan sampai ada kesan, pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan diposisikan sebagai anak tiri. Saleh menilai keadaan seperti ini bisa merugikan BPJS. Sebab, secara tidak langsung bisa menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap BPJS.
"Kalau masyarakat tidak percaya, bagaimana kita mengajak mereka untuk menjadi peserta mandiri? Sejauh ini, secara faktual, masyarakat masih lebih percaya pada asuransi kesehatan yang dikelola pihak swasta. Karena itu, perbaikan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan adalah suatu keharusan," tegasnya.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3. 1 Kesimpulan
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay
prihatin dengan nasib yang dialami Jaka Juliadi, anak piatu berusia 10 tahun
asal Nagari Sungai Rimbang Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
Ia menderita tumor pembuluh
darah di bagian tangan.Jaka saat ini terbaring lemah di Rumah Sakit Cipto
Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, menanti jadwal operasi.
Saleh mengungkapkan, kejadian ini menunjukkan bahwa
pelayanan jaminan kesehatan nasional masih jauh dari memuaskan.
Pengaduan-pengaduan sejenis ini masih sering terjadi di lapangan. Diharapkan,
permasalahan ini harus betul-betul menjadi perhatian pemerintah. Sebab, dua
program utama pemerintah dalam bidang sosial yaitu pendidikan dan kesehatan
harus dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.
"Anggaran
untuk kesehatan ini tidak sedikit. Kemarin, DPR dan pemerintah sudah
menyepakati alokasi anggaran untuk kesehatan sebesar Rp104 triliun. Nilai ini
sama dengan 5 persen dari total APBN 2017 yang mencapai Rp2.080,5 triliun.
Dengan anggaran sebesar itu, semestinya fasilitas dan pelayanan kesehatan kita
sudah bagus," ujarnya.
3.2 Kritik dan Saran
Dari kasus diatas, menurut saya kurangnya pengetahuan
prosedur apa saja yang harus dilakukan pasien apabila opname di rumah sakit.
Hal ini jelas sekali akibat kurangnya sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan dan
masih kurang baiknya pelayanan yang dilakukan dari Rumah Sakit tersebut. Selain
kurangnya sosialisasi, menurut saya seharusnya pihak rumah sakit dan BPJS juga
bisa berkoordinasi lebih baik lagi. Jika ada pasien BPJS yang rawat
inap/berobat, akan lebih baik jika rumah sakit memberikan info/ memo ke loket
BPJS yang ada di setiap rumah sakit, sehingga tidak saling menunggu dan
akhirnya pasienlah yang menjadi korban.
BPJS Kesehatan juga diminta semakin memperbaiki kualitas
pelayanan. Jangan sampai ada kesan, pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan diposisikan
sebagai anak tiri. Menurut saya menilai keadaan seperti ini bisa merugikan BPJS.
Sebab, secara tidak langsung bisa menimbulkan ketidak percayaan masyarakat
terhadap BPJS. Dari pihak pasien juga agar bisa aktif bertanya ke loket BPJS jika berobat ke
rumah sakit, apalagi jika baru pertama kali berobat menggunakan fasilitas BPJS.
Menurut saya meskipun BPJS Kesehatan banyak memiliki kekurangan dan kelemahan, harus kita akui bahwa manfaatnya sangat besar. Kalau kita mau melihat hampir 90% BPJS dan asal mau repot sedikit, biaya pengobatan yang sangat besar jumlahnya tertutupi dengan jadi peserta BPJS. Tapi kami berharap untuk kedapannya sistemnya dibenahi dibenahi secara optimal dan tenaga kesehatan dapat bekerja dalam kondisi dan lebih baik dan menunjang dibandingkan saat ini,sehingga tidak adalagi kasus seperti yang dialami Jaka Juliadi.
Menurut saya meskipun BPJS Kesehatan banyak memiliki kekurangan dan kelemahan, harus kita akui bahwa manfaatnya sangat besar. Kalau kita mau melihat hampir 90% BPJS dan asal mau repot sedikit, biaya pengobatan yang sangat besar jumlahnya tertutupi dengan jadi peserta BPJS. Tapi kami berharap untuk kedapannya sistemnya dibenahi dibenahi secara optimal dan tenaga kesehatan dapat bekerja dalam kondisi dan lebih baik dan menunjang dibandingkan saat ini,sehingga tidak adalagi kasus seperti yang dialami Jaka Juliadi.
DAFTAR PUSTAKA
http://news.metrotvnews.com/peristiwa/DkqjWqVK-kasus-jaka-harus-dijadikan-momentum-perbaikan-pelayanan-bpjs-kesehatan
Diakses pada 29 Oktober 2016
Diakses pada 29 Oktober 2016
Point : 75
BalasHapusCasino at William Hill - Mapyro
BalasHapusFind your next casino or entertainment venue in William 동두천 출장샵 Hill, MS with locations in 경상북도 출장안마 Mississippi, New 충주 출장안마 York, Check out the map to find 김제 출장안마 casinos, 고양 출장샵 open in time for